Jumat, 19 Oktober 2012

Tutorial modul 3 "GAME"


KONSEP GAME “GET YOR 999!”
Pada game “GET YOUR 999!” ini konsepnya sama dengan permaina jackpot dengan mengacak angka untuk mendapatkan angka yang sama. Pada game ini, anda dinyatakan berhasil apabila mendapatkan minimal 2 buah angka yang kembar. Dan akan menang apabila berhasil mendapatkan angka “999” . anda memiliki 10 kesempatan untuk mengacak angka. Apabila lebih dari itu anda belum mendapatkan angka “999” anda dinyatakan kalah

Flowchart


TUTORIAL VISUAL BASIC MEMBUAT GAME
Berikut merupakan contoh form design game yang dibuat menggunakan vb:
Form 1

Form 2

Form 3

Dibawah ini merupakan langkah-langkah pembuatannya menggunakan visual basic 2010:
  1. Buka Visual Basic 2010 >> New Project >> Windows Forms Application >> OK.
  2. Buat desain seperti gambar dengan memasukkan komponen button,  listbox, dan label dalam form 1 design. Dan buat komponen button,  timer, textbox dan label dalam form 1 design
  3. Pada form 1 tulis listing sebagai berikut :
Public Class Form1

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Form2.Show()
        Me.Hide()
    End Sub
 Keterangan :
Pada button1 “PLAY” apabila di click, akan muncul form 2 dan form 1 akan tersembunyi

    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        Dialog1.Show()
        Me.Hide()
    End Sub

End Class

Keterangan :
Pada button1 “EXIT” apabila di click, akan muncul dialog sebagai berikut :



  1. Pada form 2 tulis listing sebagai berikut :
Public Class Form2
    Private Sub Timer1_Tick_1(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Timer1.Tick
        Label1.Text = Int(Rnd() * 10)
        Label2.Text = Int(Rnd() * 10)
        Label3.Text = Int(Rnd() * 10)
    End Sub
Keterangan :
Pada timer ditulis listing seperti diatas sehingga pada label 1,2,3 akan muncul angka secara random dari 1-10


    Private Sub Button1_Click_1(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Timer1.Enabled = True
        Label1.Text = ""
        Label2.Text = ""
        Label3.Text = ""

    End Sub
Keterangan :
Pada button1 (ROLL) apabila di click, timer 1 akan  berfungsi dan angka pada label 1,2,3 akan berputar secara acak

    Private Sub Button2_Click_1(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        Dim a As Integer

        Timer1.Enabled = False
        a = Label1.Text & Label2.Text & Label3.Text
        TextBox3.Text = a
        If Label1.Text = 1 And Label2.Text = 1 And Label3.Text = 1 Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 3 angka yang sama!")
        ElseIf (Label1.Text = 2 And Label2.Text = 2 And Label3.Text = 2) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 3 angka yang sama!")
        ElseIf (Label1.Text = 3 And Label2.Text = 3 And Label3.Text = 3) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 3 angka yang sama!")
        ElseIf (Label1.Text = 4 And Label2.Text = 4 And Label3.Text = 4) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 3 angka yang sama!")
        ElseIf (Label1.Text = 5 And Label2.Text = 5 And Label3.Text = 5) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 3 angka yang sama!")

Keterangan :
Menunjukkan apabila pada label 1,2,3 muncul 3 buah angka yang sama akanm muncul message box “selamat anda memenangkan 3 angka yang sama”


        ElseIf Label1.Text = 1 And Label2.Text = 1 Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 2 angka yang sama!")
        ElseIf (Label1.Text = 2 And Label2.Text = 2) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 2 angka yang sama!")
        ElseIf (Label1.Text = 3 And Label2.Text = 3) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 2 angka yang sama!")
        ElseIf (Label1.Text = 4 And Label2.Text = 4) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 2 angka yang sama!")
        ElseIf (Label1.Text = 5 And Label2.Text = 5) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 2 angka yang sama!")

        ElseIf (Label1.Text = 1 And Label3.Text = 1) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 2 angka yang sama!")
        ElseIf (Label1.Text = 2 And Label3.Text = 2) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 2 angka yang sama!")
        ElseIf (Label1.Text = 3 And Label3.Text = 3) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 2 angka yang sama!")
        ElseIf (Label1.Text = 4 And Label3.Text = 4) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 2 angka yang sama!")
        ElseIf (Label1.Text = 5 And Label3.Text = 5) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 2 angka yang sama!")

        ElseIf Label2.Text = 1 And Label3.Text = 1 Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 2 angka yang sama!")
        ElseIf (Label2.Text = 2 And Label3.Text = 2) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 2 angka yang sama!")
        ElseIf (Label2.Text = 3 And Label3.Text = 3) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 2 angka yang sama!")
        ElseIf (Label2.Text = 4 And Label3.Text = 4) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 2 angka yang sama!")
        ElseIf (Label2.Text = 5 And Label3.Text = 5) Then
            MsgBox("Selamat! anda memenangkan 2 angka yang sama!")

        End If

Keterangan :
Menunjukkan apabila pada label 1,2,3 muncul 2 buah angka yang sama akanm muncul message box “selamat anda memenangkan 2 angka yang sama”

        Static COUNTER As Integer
        Dim kurang As Integer
        kurang = 9 - COUNTER
        TextBox2.Text = kurang
        COUNTER = COUNTER + 1
        TextBox1.Text = COUNTER


        If TextBox3.Text = "" Then
            TextBox3.Text = ""
            Label4.Text = ""
            COUNTER = 0

        Else
            If TextBox1.Text = "11" Then
                TextBox1.Text = ""
                COUNTER = 0
                MsgBox("maaf, kesempatan Anda sudah habis")
                Button4.Visible = True
                Button1.Enabled = False
                Button2.Enabled = False
                Button3.Enabled = False

Keterangan :
Apabila pada textbox1 (kesempatan main) menunjukkan angka 11, maka kesempatan bermain habis dan permainan selesai sehingga button 1,2,3  tidak berfungsi dan muncul button 4 (main lagi)

            Else
                If TextBox3.Text = 999 Then
                    Form3.Show()
                    COUNTER = 0
                End If
            End If

        End If
    End Sub
Keterangan :
Apabila text pada textbox3 berupa nagka spesial “999” maka, enda memenangkan permainan,dan form 3 akan muncul

  
    Private Sub Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click
        Form1.Show()
    End Sub
Keterangan :
Apabila button3 “kembali“ diclick, maka akan kembali pada form 1

    Private Sub Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button4.Click
        TextBox1.Text = ""
        TextBox2.Text = ""
        Button4.Visible = False
        Button1.Enabled = True
        Button2.Enabled = True
        Button3.Enabled = True
    End Sub
End Class
Keterangan :
Apabila button4 (Main lagi) diclick, maka textbox 1 @ 2 akan kembalo kosong dan permainan dapat di ulang kembali

  

5. Jika semua listing code sudah diisikan, tekan F5 untuk menjalankan program kasir. Jika terjadi error, mungkin ada kesalahan dalam memasukkan listing code.
6. File > Save All, untuk menyimpan program secara keseluruhan.







1 komentar:

  1. The King Casino Hotel | Jamul Casino & Spa
    The King Casino Hotel is set 1 mile 나비효과 south of 토토사이트 Jamul Casino, 1 MPRC Blvd, https://jancasino.com/review/merit-casino/ Jamul, Georgia. View map. This casino offers a variety of gaming apr casino options including slots, 토토

    BalasHapus